Tuesday 10 November 2020

Pengertian Dan Manfaat Inbound Link dan Outbond Link

person typing on laptop computer 

Dalam semua situs atau blog terdapat link masuk dan link keluar,secara terjemahan di kenal dengan inbound link dan outbound link.


Dalam hal seo atau optimasi blog kita,inbound link sangat perlu kita terapkan untuk optimasi agar mendapat link yang berkualitas mengarah ke blog atau situs kita. apakah semua inbound link yang mengarah pada blog kita bisa menjadi backlink pada blog kita?belum tentu,karena tergantung dari kualitas link itu sendiri apakah berasal dari blog do follow atau no follow.
Dan apa bila link yang mengarah tersebut berasal dari blog do follow maka link tersebut di hitung oleh search engine sebagai backlink.

Berikut Pengertian inbound dan outbound link:

Jika situs 1 melakukan sebuah link kepada situs 2 maka bisa dikatakan situs 1 mempunyai Outbound Link terhadap situs 2 dan situs 2 tersebut mempunyai Inbound Link terhadap situs 1. Dari gambaran di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa :

Inbound Link adalah link yang mengarah kepada blog kita, dimana link tersebut berasal dari blog orang lain ataupun berasal dari blog kita sendiri. (link yang masuk) dan Outbound Link adalah mempunyai pengertian sebaliknya, yaitu link dari blog kita yang mengarah kepada suatu web/situs/blog orang lain. (link yangkeluar)

Inbound dan Outbound Link mempunyai pengertian yang sama hanya tergantung kita dari mana kita memandangnya. Jika kita membangun suatu outbound link terhadap suatu blog maka hal tersebut merupakan inbound link bagi web/blog dan sebaliknya jika suatu web/blog membuat outbound link terhadap blog kita maka hal itu juga menjadi inbound link bagi blog kita.

Meningkatkan Inbound Link :

Banyak sekali cara untuk membuat sebuah inbound link yang mengarah pada blog kita misal saja dengan teknik :

#. Mencari backlink berkualitas.
#. Saling betukar link dan banner.
#. Berkomentar pada blog dofollow .
#. Mencari backlinks dari web directory.
#. Submit artikel di social bookmarking
#. Dengan membuat banyak blog dummy.

Meningkatkan Outbound Link :

#. Perhatikan penggunaan Anchor Text-nya (teks yang dipergunakan untuk menempelkan link dalam postingan kita).
#. Usahakan menggunakan Anchor text berupa kata kunci (keyword) yang berbeda-beda.
#. Hindari penggunaan anchor text dengan menggunakan teks yang sama dengan alamat URL blog. Sebagai contoh, alamat URL blog ini adalah:


 https://seoblogsaja.blogspot.com/2020/11/pengertian-dan-manfaat-inbound-link-dan.html

 Jika kita ingin membuat link terhadap URL tersebut, usahakan untuk tidak menggunakan alamat URL tersebut sebagai anchor textnya, kita dapat menggunakan anchor text Meningkatkan Inbound dan Outbound untukSEO, atau keyword lain yang relevan.


#. Usahakan dalam menggunakan anchor text harus berupa keyword yang sesuai dengan judul dan
tema blog kita, atau kategori postingan kita.
#. Usahakan untuk tidak menempatkan anchor text hanya pada satu bagian tulisan saja, namun kita dapat menempatkannya pada paragraph pertama, paragraph tengan, dan juga paragraph akhir.
Kita dapat membuat link yang mengarah kepada blog kita sendiri atau bahkan pada postingan lain dalam satu blog yang kita anggap mempunyai backlink yang bagus.
#. Usahakan untuk membuat Outbound Link pada setiap halaman postingan.

Itu lah pengertian serta manfaat dari inbound dan outbound link.

No comments:

Post a Comment